Minggu, 19 April 2015

Opini Tentang Batik



Batik merupakan salah satu warisan tradisional budaya milik negara Indonesia dan sebagai bagian dari Indonesia kita harus berperan aktif untuk melestarikan batik. Berkat sentuhan kreatif anak bangsa kini tampilan batik menjadi terlihat lebih modern dan hasilnya tidak hanya orang tua saja yang memakai batik namun anak muda juga mulai memakai baju batik. Batik telah mengalami banyak kemajuan baik dari segi motif, cara pembuatan maupun dari tampilannya. Apabila dahulu kain batik hanya digunakan sebagai bahan dasar dalam membuat pakaian, sarung dan topi blankon namun kini motif batik telah digunakan dalam berbagai macam barang seperti tas, bando, masker dan masing banyak lagi.


Ruzgiyah Ulfa, S.Sos., M.Si dosen public speaking Universitas Bunda Mulia mengakui bahwa batik telah mengalami banyak kemajuan dan kini batik telah menjadi fashion di Indonesia sehingga membuat anak muda tidak malu ketika memakai batik tapi sayangnya pengetahuan yang minim mengenai batik membuat masyarakat menjadi kurang menghargai batik dan akibatnya adalah banyak dari masyarakat yang memakai batik yang bukan batik Indonesia.


Menanggapi apa yang dikatakan oleh Ruzgiyah Ulfa, S.Sos., M.Si , BatiKrezi setuju bila masih banyak masyarakat kita yang kurang mengetahui sejarah dari batik Indonesia sehingga masyarakat menganggap bahwa kain batik yang beredar dipasaran semuanya berasal dari Indonesia padahal hal tersebut tentu saja keliru karena batik yang berada dipasaran tidak hanya batik yang berasal dari Indonesia saja namun juga terdapat batik yang berasal dari Cina.


Batik tidak lagi membutuhkan kampanye untuk mengajak masyarakat Indonesia lebih sering memakai batik karena kini batik telah menjadi fashion yang paling dibutuhkan saat ini adalah bagaimana caranya agar masyarakat tahu tentang asal usul sejarah dari batik Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar