Jumat, 15 Mei 2015

Putra-Putri Batik Nusantara 2014


Putra-Putri Batik Nusantara di dirikan dengan tujuan untuk menumbuhkan rasa cinta dan kebanggaan akan warisan budaya Indonesia khususnya di kalangan generasi muda. Indonesia, sejak zaman dahulu, telah dikenal oleh bangsa-bangsa di dunia akan kekayaan budayanya. Salah satu karya budaya bangsa yang sangat dikagumi oleh bangsa lain adalah Batik

Pada tahun 2009, UNESCO telah mengakui Batik Indonesia sebagai warisan budaya dunia dan memberikan penghargaan sebagai “Intangible Heritage of Humanity”. Oleh karena itu sebagai warisan budaya bangsa, Batik perlu senantiasa dilestarikan terutama oleh generasi muda agar batik tidak punah oleh perkembangan zaman dan teknologi. Selain penampilan yang menarik, dan cerdas, wawasan tentang batik dan komunikasi yang baik jadi kriteria penunjang. Syarat yang diberikan adalah:
  1. Berwajah dan penampilan menarik, ramah, serta berkepribadian Indonesia.
  2. Memiliki pengetahuan dan ketrampilan membatik.
  3. Tinggi: Putra min. 172 dan Putri min. 165
  4. Belum menikah dan belum memiliki anak.
  5. Berusia 18 - 25 tahun dan telah lulus SMA.
  6. Menguasai bahasa asing, minimal bahasa inggris.
  7. Memiliki ketrampilan kesenian Indonesia akan memiliki nilai tambah.




Setelah melewati proses karantina dan penjurian, Garuda Cakti Viratama (Surabaya) dan Nina Jane Bustan (Jakarta) akhirnya terpilih sebagai Putra dan Putri Batik Nusantara 2014. Posisi Runner Up 1 jatuh kepada Adrianus Sandy Dharmawan (Jakarta) dan Fransiska Oki Riang (Solo). Runner Up 2 jatuh kepada I Gusti Made Kusuma W (Denpasar) dan Cindy Herin Adisa Hendatary (Jakarta). Malam penobatan berlangsung di Gedung Sapta Pesona, Kementrian Pariwisata dan Industri Kreatif yang diselenggarakan pada Minggu (28/9/2014) malam.
 Setelah menjadi juara Putra-Putri Batik Nusantara, mereka akan mengikuti berbagai kegiatan seputar batik, juga mempromosikan Batik ke seluruh Nusantara hingga ke luar Indonesiadan mereka merupakan citra yang membawa nama baik Batik di Indonesia. Diharapkan dengan adanya acara Putra-Putri Batik Nusantara Batik akan semakin dikenal secara internasional.

Sumber Artikel:
http://id.wikipedia.org/wiki/Putra_Putri_Batik_Nusantara_2013
http://id.wikipedia.org/wiki/Putra_Putri_Batik_Nusantara
https://twitter.com/putraputribatik
https://twitter.com/PutraPutriBatik/media

Tidak ada komentar:

Posting Komentar